Itinerary Liburan 2H1M di Jogja: Destinasi Wisata, Kuliner & Penginapan Yang Populer, Instagramable, serta Murah

By Wiradhini - December 14, 2019


Jogja, kota wisata dengan keseimbangan budaya dan modernitas yang terjaga. Bisa dibilang Jogja itu udah kaya rumah kedua aku banget soalnya nyaman dan nggak pernah bosen berkali-kali main ke sini. Selalu ada hal baru yang rasanya harus banget dikunjungi. Ah emang secinta itu sama Jogja, apalagi harga-harganya pun masih cukup terjangkau.

Oke, dari sekian banyak pengalaman liburan di Jogja, kali ini aku akan bahas itinerary (rencana perjalanan) 2 hari 1 malam liburan akhir pekan di Jogja yang mana cukup worth it dan jadi favoritku karena populer namun nggak terlalu mainstream, instagramable, dan pastinya murah.
 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAY 1


Jogja National Museum


Kalau kamu berpikiran museum itu membosankan, maka yang satu ini berbeda. Jogja National Museum seringkali muncul di kolom pencarian ketika kamu mengetik destinasi wisata Jogja, tapi memang harus ku akuin emang betah berlama-lama di sini. Banyak banget pameran yang berbeda dari berbagai seniman dari dalam maupun luar negeri.


Alamat: Jl. Prof. DR. Ki Amri Yahya No.1, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Senin sampai Sabtu, 09.00 - 16.30
Harga tiket masuk: Gratis




Sangkring Art Space


Instalasi seni yang satu ini emang keren banget. Mungkin namanya tidak terlalu populer dibandingkan Jogja National Museum, tapi suasana di sini begitu tenang dan bikin kamu betah. Belum lagi halaman belakangnya yang luas dan cocok buat jadi spot foto OOTD.


Alamat: Jl. Nitiprayan No.88, RT.01/RW.20, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
Jam buka: Senin sampai Sabtu, 11.00 - 18.00
Harga tiket masuk: Gratis

Baca juga: Mengagumi Keindahan Seni di Sangkring Art Space, Yogyakarta



Lokal Hotel and Restaurant


Sebelum perjalanan jauh ke Candi Ratu Boko di dekat Candi Prambanan yang mana jauh dari pusat kota, lebih baik isi perutmu di kafe unik yang satu ini. Nama kafe ini makin terkenal karena jadi salah satu lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 lho!

Alamat: Gg. Jemb. Merah No.104C, Soropadan, Condongcatur, Kec.amatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283
Harga: Mulai dari Rp 15.000,00

Baca juga: Lokal Hotel & Restaurant - Spot Instagrammable di Yogyakarta



Candi Ratu Boko


Masih dari lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2, kali ini ada ada Candi Ratu Boko di daerah Prambanan yang ngggak kalah keren. Kalau ke sini wajib pakai alas kaki yang nyaman ya soalnya candi ini luas banget. Dan kalau ke sini itu lebih baik menjelang sore mulai jam 3 sore sampai tutup agar kamu bisa lihat langit oranye yang indah banget.

Alamat: Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari 06.00 - 17.00
Harga tiket masuk: Rp 40.000,00



Sellie Coffee


Setelah perjalanan jauh, enaknya minum yang hangat-hangat. Nah di kafe ini aku rekomendasikan untuk pesan minuman coklat panas karena enak banget dan murah. Eits, tahu nggak kalau kafe ini jadi lokasi syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2 juga yang mana adegan terkenalnya yaitu ketika Cinta berkata, “Rangga apa yang kamu lakukan ke saya itu jahat.”

Alamat: Jl. Gerilya, RT.039/RW.010, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153
Jam buka: Selasa sampai Minggu, 17.00 - 23.00
Harga: Mulai dari Rp 3.000,00

Baca juga: Sellie Coffee, Tempat Rangga dan Cinta Bertemu di Yogyakarta




Penginapan

Yez Yez Yez All Good Hostel


Sebenarnya banyak banget penginapan di Jogja. Mau yang murah sampai mahal banget semua ada. Berhubung budget terbatas, jadi aku lebih pilih murah tapi worth it ya. Penginapan dengan nama Yez Yez Yez All Good Hostel ini bisa kamu pesan di agen travel online seperti Booking.com, Agoda, Tiket.com, Traveloka, dan lainnya. Yang aku suka di sini adalah staffnya ramah banget dan atmosfer penginapan yang damai.

Alamat: Gang Batik Gringsing, Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Harga: Mulai dari Rp 40.000,00 per malam

Baca juga: Penginapan Murah di Yogyakarta: Instagrammable dan di Bawah 100 Ribu



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------  

DAY 2


Sunmor UGM

Kayanya kalau ke Jogja pas akhir pekan itu nggak lengkap kalau nggak ke Sunmor (Sunday Morning) UGM atau pasar tumpah di sekitar kampus UGM. Mau belanja sampai kuliner semua ada di sini. Dan yang lebih bikin betah dan bahagia adalah di sini serba murah. Bikin kamu kalap!

Alamat: Sekitar kampus UGM
Jam buka: Setiap Minggu, 05.00 - 12.00



Situs Warungboto


Destinasi ini semakin terkenal semenjak Kahiyang, putri Presiden Pak Jokowi memilih Situs Warungboto jadi salah satu tempat foto prewedding. Untuk mencari tempat ini harus teliti atau tanya ke warga sekitar setelah dari ikuti maps karena tempatnya sedikit tersembunyi. Situs ini tidak terlalu luas tapi indah dan worth it.

Alamat: Jl. Veteran No.77, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 08.00 - 17.00
Harga tiket masuk: Gratis



Mezzanine Eatery and Coffee


Sebelum meninggalkan Jogja, cobalah untuk nongkrong santai di kafe kekinian yang satu ini. Yang menarik di sini adalah interiornya yang setiap spot berbeda. Namun yang paling menarik perhatianku adalah sangkar burung berwarna pink yang unik banget.

Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.Km. 8 No.30, Karang Moko, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Setiap hari, 09.00 - 23.00
Harga: Mulai dari Rp 10.000,00


Nah itu dia itinerary 2H1M yang aku rekomendasikan untuk liburan akhir pekanmu di Jogja. Dengan waktu yang singkat, kamu juga bisa kok manfaatkan untuk mengunjungi berbagai tempat yang mungkin nggak terlalu mainstream tapi worth it dan instagramable. Jadi, kapan kamu liburan ke Jogja?
 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar