Perpanjangan SIM, Kini Mudah dan Bebas Ribet

By Wiradhini - December 05, 2019


Kalau kamu mendengar perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM), apa yang akan terlintas di pikiranmu? Ribet, proses panjang, dan melelahkan? Tenang, sekarang pikiran negatif itu akan banyak terbantahkan ketika kamu mengurus SIM secara langsung.

Aku bisa bicara kaya gini bukan hanya karangan semata, tapi tepat hari ini aku baru aja mengurus perpanjangan SIM C miliku yang akan habis kurang dari satu bulan lagi. Nah karena aku domisili di Purwokerto, jadi aku memperpanjang SIM di kantor kepolisian Purwokerto.

Daripada kelamaan intro, lebih baik aku jelaskan secara detail tentang persyaratan dan tahapan proses memperpanjang SIM yang kini makin mudah dan bebas ribet.


Persyaratan untuk perpanjangan SIM

Tidak banyak untuk persayaratan yang harus kamu siapkan sebelum pergi ke kantor kepolisian. Berikut syaratnya:
- 2 lembar fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- 2 lembar fotokopi Surat Ijin Mengemudi (SIM) lama
- Map untuk berkas fotokopi, warna bebas



Tata cara perpanjangan SIM

Tahap 1 - Tes kesehatan di Mall Pelayanan Publik (MPP)


Sebelum menuju ke sini, pastikan kamu untuk membawa semua persyaratan yang tertera di atas. Setelah sampai di sana, bertanyalah ke petugas jika kamu akan memperpanjang SIM dan petugas tersebut akan mengarahkanmu ke antrian bagian tes kesehatan SIM.

Tips: lebih baik pergi saat pagi jam 8 pagi agar tidak merasakan antrian panjang

Di bagian tes kesehatan SIM, kamu akan dipanggil sesuai nomor antrian. Lalu kamu akan diminta untuk melakukan tes buta warna, huruf jarak jauh, dan pengukuran berat badan, tinggi badan, serta tensi.

Biaya tes kesehatan: Rp 40.000,00
Alamat: Seberang Hotel Java Heritage, Jl. Dr. Angka No.45, Karangkobar, Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Jam buka:
Senin sampai Kamis, 08.00 - 15.30
Jumat, 08.00 - 15.15
Sabtu, 08.00 - 12.00



Tahap 2 - Pergi ke SATPAS Purwokerto

Setelah melakukan tes kesehatan, kamu akan diarahkan oleh petugas untuk pergi ke SATPAS Purwokerto untuk melakukan tahap selanjutnya.

Alamat: Sebelah SMK Negeri 2 Purwokerto,
Jam buka: Senin sampai Jumat, 08.00 - 16.00



Tahap 3 - Mengisi formulir perpanjangan SIM

Sesampainya di SATPAS, kamu akan diminta untuk meninggalkan map kamu dan menunggu sampai nama kamu dipanggil. Ketika giliranmu, petugas akan kasih map kamu beserta formulir untuk diisi data lengkap.

Tips: setelah dari Mall Pelayanan Publik (MPP), segeralah langsung ke sini sebelum antrian makin panjang. Selain itu, jangan lupa untuk membawa pulpen warna hitam dari rumah agar nggak perlu antri pulpen kantor untuk isi formulir.



Tahap 4 - Membayar biaya perpanjangan SIM


Formulir sudah diisi dengan lengkap, saatnya kamu bawa semua berkas ke bagian pembayaran. Sambil menunggu namamu dipanggil, siapkan uang untuk membayar sesuai dengan biaya yang berlaku.

Berikut daftar biaya SIM berdasarkan jenisnya:

SIM A - Rp 80.000,00
SIM C - Rp 75.000,00

Untuk informasi selengkapnya, silahkan cek di Google ya :)



Tahap 5 - Pengecakan ulang berkas


Setelah pembayaran, yang harus kamu lakukan adalah mengantri (lagi) untuk pengecekan ulang berkas. Di tahap ini lama atau tidaknya tergantung seberapa ramai orang yang antri dan konter yang buka. Petugas akan menanyakan alamat lengkapmu, golongan darah, pekerjaan, dan lainnya sebagai data final.



Tahap 6 - Foto untuk SIM baru


Oke, lanjut ke tahap foto. Siapkan senyum terbaik... dan cekrek, petugas akan mengambil fotomu dengan sidik jari, tanda tangan, dan tentunya SIM lamamu.



Tahap 7 - Mengambil SIM baru


Akhirnya, kita sampai ke tahap akhir. Di sini kamu cukup duduk manis, dan nggak lama namamu akan dipanggil untuk mengambil SIM baru. Pertama kali lihat hasilnya, jujur aja aku agak kaget karena sekarang design-nya lebih simpel dan eye catching dibandingkan dengan SIM lama.

Oh ya, sebelum pulang jangan lupa untuk memberikan anti gores untuk SIM barumu agar tidak mudah luntur dengan biaya Rp 8.000,00 saja yang letaknya ada di daerah parkiran motor.

Keperluan
Biaya
Tes kesehatan
Rp 40.000,00
Biaya SIM C
Rp 75.000,00
Laminating
Rp 8.000,00
Total
Rp 123.000,00

Gimana, ternyata mengurus perpanjangan SIM tidak serumit yang kamu kira kan? Percayalah ini lebih mudah dan cepat dibandingkan dahulu, apalagi jika kamu mengurusnya dari jam 8 pagi agar tidak terjebak antrian panjang.
 

  • Share:

You Might Also Like

16 komentar

  1. Sekarang ko dbatasi si bos untuk kir dokternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. MPP Purwokerto ada di Jl. Dr. Angka, seberang Hotel Java Heritage :D

      Delete
  2. Apakah SIM/Domisili untuk wilayah dki jakarta bisa perpanjangan SIM di purwokerto???

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah untuk ini saya kurang paham, mungkin bisa langsung tanyakan saja ke kantor perpanjangan SIM agar lebih jelas :)

      Delete
  3. Untuk SIM yang habis tanggal 9 Mei 2020 apakah masih diberi dispensasi buat melakukan perpanjangan SIM, atau buat SIM yang baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya harus buat SIM baru. Mungkin selengkapnya bisa langsung tanyakan ke pihak sana saja.

      Delete
  4. Mba angr prpjng sim ganti alamat priwe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah untuk ini saya kurang tahu, silahkan tanya langsung ke petugas saja ya.

      Delete
  5. Itu tempat nya masih satu tempat apa beda tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk tes kesehatan dengan proses pembuatan sim berbeda. Tes kesehatan ada di MPP dan proses pembuatan dilakukan di SATPAS. Semua keterangan alamat silahkan cek di artikel ya.

      Delete
  6. Semua proses bisa selesai satu hari yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa asalkan datangnya dari pagi, soalnya antri

      Delete
  7. Apakah perpanjang sim B1 bisa kqk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekedar info, skrang mall pelayanan publik sdh tdk bisa memperpanjang sim, harus ke kantor yg bersangkutan langsung, td saya barusan kesana,, harus ke polsek yg depan bank jateng, itupun harus cek kesehatan dulu di depan tugu

      Delete