Penginapan Murah di Yogyakarta: Instagrammable dan di Bawah 100 Ribu

By Wiradhini - November 09, 2019


Setelah sekian lama mengidam-idamkan menginap di daftar penginapan murah dan instagrammable di Kota Gudeg, Yogyakarta, akhirnya impianku ini sudah berhasil kuwujudkan! Agak lebay sih tapi percayalah memanjakan diri dengan sesuatu hal simple yang menyenangkan itu bisa jadi hal terbaik untuk me-refresh pikiran dan tubuhmu.

Sebenanya ada beberapa daftar nama penginapan murah di Yogyakarta atau Jogja yang pengen aku coba. Sebut saja Abrakadabra! ArtBNB, Trava House, Yez Yez Yez All Good Hostel, dan masih banyak lagi penginapan kece yang tentunya ramah banget di kantong alias sangat terjangkau. Nah kali ini, karena ada acara di Jogja, aku mencoba memesan salah satu penginapan impianku, yap aku pilih Yez Yez Yez All Good Hostel!





Cara Pemesanan

Setelah searching sana sini aplikasi mana yang paling murah (tetep ya cari diskonan), akhirnya aku pilih pesan di Booking.com. Ada banyak jenis ruangan dengan harga yang bervariatif mulai dari 40.000 Rupiah untuk tipe dorm atau satu kamar untuk 4-12 ruangan. Nah karena aku berdua sama saudara sepupu, jadi kami memutuskan untuk menyewa satu kamar tidur double untuk 2 orang saja dengan kamar mandi di luar. Harganya? Murah banget 140.000 Rupiah/ malam untuk dua orang yang artinya hanya 70.000 Rupiah/ orang. Murah banget kan?


Oh ya untuk harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan travel agent ya. Ada baiknya kamu cek dulu mana yang lebih murah pesan di Traveloka, Booking.com, atau Tiket.com. Kemarin aku cek Booking.com lagi ada diskon jadi lebih murah dan hemat dong. Jujur aja, kalau untuk penginapan murah di Jogja emang lebih lengkap dan banyak pilihannya di Booking.com dibandingkan Traveloka dan Tiket.com. Asiknya lagi, kalau kamu punya properti nganggur, kamu juga bisa menyewakannya di Booking.com lho! Caranya daftar di sini.

Mau yang lebih hemat lagi? Sebelum kamu masuk ke Booking.com, pastikan kamu masuk Shopback terlebih dahulu. Kalau belum punya Shopback, kamu bisa mendaftarnya di sini dan dapatkan saldo 25.000 Rupiah. Nah karena aku awalnya masuk ke Shopback dulu, lalu pilih Booking.com, dan pesan penginapan, aku dapet diskon lagi 12.000 Rupiah deh. Lumayan hehe.




Review Penginapan

Oke lanjut ke review penginapannya ya. Yez Yez Yez All Good Hostel ini terletak di Jalan Prawirotaman MG III/509, Mergangsan, 55153 Yogyakarta, yang mana deket sama Tempo Gelato Prawirotaman dan Sellie Coffe, tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. Kesan pertama kali sampai di sini, kami disambut sama halaman hostel yang luas dengan aroma dupa, mini kafe, dapur terbuka, dan tentunya kolam renang yang asik banget. Karena area ini sangat terbuka, nanti ada batas wilayah untuk kamu harus melepas semua alas kaki sehingga lebih bersih dan alami.


Saat check in kami diminta KTP dan uang deposito 50.000 Rupiah yang akan dikembalikan lagi sepenuhnya saat check out nanti. KTP kita juga akan di fotokopi sebagai bukti bahwa kita usianya sudah di atas 18 tahun, mengingat sebagai salah satu persayaratan yang berlaku di sini. Awalnya kami kaget kenapa penginapan ini di sini khusus 18+, tapi kami sadar kalau di sini penginapannya cukup bebas. Misalnya saja boleh meminum alkohol dan banyak wisatawan asing atau bule yang berenang dengan bikini jadi memang harus dibuat aturan seperti itu. Tapi, nggak perlu takut, karena di sini sangat aman dan seru kok!
 

Untuk kamar sendiri dengan tipe kamar double (khusus untuk 2 orang) dengan kamar mandi di luar, kami merasa kamar kami sudah sangat nyaman. Kamarnya luas, kasurnya empuk banget dan luas, ada kipas angin, gantungan baju, meja belajar, cermin panjang, handuk, dan pastinya selimut kain yang nyaman. Sedangkan untuk kamar mandinya cukup sempit namun banyak jadi nggak perlu antri. Di sini kamar mandi untuk mandi hanya tersedia shower saja, lalu pada bilik lainnya adalah toilet duduk yang lengkap dengan tisu dan tempat sampah. So far masih nyaman.
 
 

Malampun sudah kami lewati dengan tidur nyenyak dan kami bangun ketika matahari sudah terang. Abis mandi, kita sengaja chill cukup lama di halaman yang luas. Ada ayunan kayu yang harus banget kamu coba, seru banget asli! Yang lebih unik, di sini ada perpustakaan untuk kamu yang suka baca. Nggak hanya itu aja, ada juga kafe terbuka, ayunan, hammock, dapur, dan musik asik semuanya begitu menyatu dan bikin kita betah santai-santai di sini.


Pas lagi asik main ayunan, tiba-tiba salah satu staff hostel sapa kita, “kalian suka kopi?” Kami pun menjawab jika tentu aja kami sangat suka kopi, apalagi kopi susu. Akhirnya kami dibuatkan segelas kopi susu hangat gratis dari si mbak gaul ini. Nggak heran sih kalau kolom review hostel di Booking.com ini banyak yang tulis kalau staff di sini semuanya ramah dan punya rating 9,5, yang mana lebih tinggi dibandingkan rating hostel itu sendiri yang hanya 8,9. Keren kan?

Nah kalau kamu mau jalan-jalan di Jogja dan ingin sewa motor, di sini juga tersedia penyewaan motor 24 jam dengan harga 70.000 Ribu saja. Tentu aja bakal lebih hemat dibandingkan kamu harus naik ojek online untuk keliling Jogja kan.


Ya mungkin itu aja sih review lengkap dari aku mengenai Yez Yez Yez All Good Hostel di Jogja. Dengan pengalaman baik ini, berharap bisa kembali lagi ke sini untuk menginap dengan waktu yang lebih lama :)
 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah kapan ke jogja lagi, gara2 psbb jadi susah mau kemana aja..
    save dulu ah, ada beberapa yang mesti dikunjungi, smoga covid cepat berlalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga covid cepat berlalu dan hilang agar kita semua bisa traveling lagi!

      Delete