Pengalaman Rasanya Detox Social Media (Berhenti Main Instagram Untuk Waktu Sementara)

By Wiradhini - June 04, 2020



Kita semua tahu bahwa tahun 2020 adalah tahun yang cukup bahkan sangat berat walaupun baru berjalan kurang dari setengah tahun. Ya, pandemi COVID-19 atau Corona sangat membuat hidup seseorang jadi berubah, termasuk aku. Udah 3 bulan di rumah aja bikin aku makin rajin main sosmed; Instagram, Twitter, dan Facebook. Yang awalnya seru kok lama-lamaan jenuh banget tapi tetep aja nggak bisa berhenti.

Kecanduan? Nggak tau juga sih, tapi sepertinya lebih karena kebiasaan. Ketakutan akan "dikontrol" oleh media sosial muncul lagi karena seharusnya kita yang mengontol bukan dikontrol. Akhirnya aku ingat lagi tahun lalu 2019 aku berhasil detoks atau berhenti sementara main Instagram selama 6 bulan dan rasanya itu bikin pikiran jadi lebih sehat, percaya atau tidak.
 


Proses berhenti sementara ini bukan hal yang mudah. Satu dua minggu pertama itu berat banget dan rasanya gatel pengen buka, tapi harus inget lagi tujuan di awal. Akhirnya berhasil dan lama kelamaan terbiasa juga untuk nggak main Instagram sampai 6 bulan.

Kini 2020 udah memasuki bulan Juni dan mulai tadi malem akhirnya aku memutuskan untuk kembali berhenti sementara main Instagram. Apakah aku install Instagram? Tentu saja tidak karena pekerjaan yang sebagai social media specialist memaksa aku untuk punya Instagram dan aku akan buka untuk upload kerjaan kantor aja. Justru ini yang bikin lebih berat dan godaan buat buka akun sendiri makin kuat, tapi aku harus lebih kuat karena sebelumnya aku juga kuat, jadi sekarang harus makin kuat.
 


Mau sampai kapan berhenti sementara main Instagram? Jawabannya nggak tau. Karena kita nggak akan tahu apa yang terjadi di depan nanti, siapa tau ada urusan yang memaksa aku untuk bermain Instagram lagi. Ya, intinya sih tetap ingat lagi aja tujuan awal.

Percayalah langkah ini bagus banget lho untuk bantu jaga kesehatan pikiran kamu. Rasanya tuh kaya jadi kembali ke pribadi baru, halah lebay tapi ini udah ku rasakan. Bahkan temanku yang tadinya menonaktifkan sementara Instagramnya dan merasakan nyaman, jadi memutuskan untuk hapus akun secara permanen. Tapi untuk langkah hapus akun sih aku masih belum berani ya karena banyak kerjaanku yang dari Instagram.

Itu aja curhatan randomku yang nggak penting-penting amat. Tapi kalau kamu penasaran, boleh lah dicoba. Atau kamu pernah juga ngelakuin cara ini dan berhasil? Share di kolom komentar ya, siapa tau kita bisa diskusi online haha.


  • Share:

You Might Also Like

2 komentar