Tips Liburan Hemat Ke Singapura dan Malaysia Penuh Bahagia Bersama AirAsia

By Wiradhini - December 08, 2019


Jujur saja, pasti kamu memiliki pikiran bahwa liburan ke luar negeri itu mahal? Yap, dulu saya pernah berpikiran seperti itu, sampai pada akhirnya mengenal maskapai merah bernama AirAsia. Masih teringat di memori saya bahwa Thailand, saya pilih karena tergiur dengan tiket murah dari AirAsia sebesar kurang lebih 1,7 juta Rupiah saja untuk pulang pergi (PP). Setelah pulang dari negeri asal sticky mangoo rice, maka saya semakin penasaran untuk menjelajahi negara lain bersama AirAsia.

Sesuai dengan judul, di sini saya tidak akan menceritakan perjalanan menyenangkan dan Bahagia Bersama AirAsia di Thailand. Saya memiliki cerita yang lebih menarik mengenai perjalanan ke dua negara sekaligus yang tak kalah hemat dengan biaya tiket pulang pergi sebesar 450 ribu Rupiah saja bersama AirAsia!

Murah banget kan tiket pulang pergi untuk liburan dua negara sekaligus? Memang soal tiket murah AirAsia nggak perlu diragukan lagi karena dunia pun sudah mengakuinya dengan menjadikan AirAsia sebagai World’s Best Low-Cost Airline dari Skytrax selama 11 tahun berturut-turut.

Gimana, sudah cukup membuktikan bahwa tidak selamanya liburan ke luar negeri itu mahal kan? Eits, kalau kamu ingin liburan hemat juga, sebaiknya ikuti tips berikut ya!
 



1. Tentukan destinasi tujuan

Bahagia Bersama AirAsia
Salah satu sudut kota Singapura (kiri) dan Batu Caves di Kuala Lumpur, Malaysia
Tujuan adalah hal penting untuk kamu tahu sebelum pergi berlibur lho! Kalau kamu ingin berlibur ke Singapura dan Malaysia, maka sangat disarankan untuk memulai perjalananmu dari Singapura dan berakhir di Malaysia. Mengapa? Perlu diketahui bahwa pajak bandara di Singapura itu lebih mahal dibandingkan bandara di Malaysia sehingga mempengaruhi harga tiket pesawat.



2. Pesan tiket pesawat

Bahagia Bersama AirAsia
Tampilan website AirAsia
Bukan hal yang sulit dan ribet untuk memesan tiket pesawat AirAsia. Setidaknya ada dua cara mudah untuk memesan tiket AirAsia. Pertama, kamu bisa memesannya di aplikasi AirAsia. yang tersedia di PlayStore dan Appstore. Kedua, gunakan website resmi AirAsia. di sini, lalu pilih destinasi tujuan liburanmu, tanggal keberangkatan, dan selesaikan proses pemesanan hingga pembayaran. Sangat mudah kan?

Untuk memulai perjalanan, saya berangkat ke Singapura dari Jakarta dengan harga promo Kursi Gratis seharga 290 ribu saja. Sebenarnya ini harga sudah sangat murah bagi saya, tapi bukan AirAsia kalau nggak kasih harga murah karena akhir-akhir ini tiket pesawat Jakarta - Singapura turun menjadi 150 hingga 180 ribu saat promo Kursi Gratis. Program Kursi Gratis dari AirAsia ini biasanya diadakan setiap tahun lho, jadi pastikan untuk kamu mendaftar Anggota BIG di sini di sini agar mendapatkan akses prioritas untuk menikmati promo lebih awal dan mendapatkan email mengenai informasi penawaran menarik lainnya dari AirAsia.

Oke lanjut untuk pemesanan tiket pulang. Seperti sudah dibahas di awal saya akan mengakhiri liburan kali ini di Kuala Lumpur, Malaysia. Oleh karena itu, saya memilih penerbangan tiket pesawat dari Kuala Lumpur seharga 160 ribu. Nah, bagi yang bertanya perjalanan dari Singapura ke Malaysia menggunakan transportasi apa, maka saya memilih untuk melakukan perjalanan panjang dengan bus. Tapi bagi kamu yang memiliki waktu sedikit, tenang kamu bisa menggunakan AirAsia dengan harga yang tentu saja hemat dan nggak bikin kantong jebol.



3. Beli bagasi secara online

Berdasarkan pengalaman, saya selalu membeli bagasi secara online dengan waktu 3 hingga 5 minggu sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini saya lakukan karena harga bagasi di online akan lebih murah dibandingkan membelinya di bandara saat hari H keberangkatan. Tidak ribet kok untuk memesannya, cukup buka aplikasi atau website AirAsia, lalu pilih jumlah berat bagasi yang kamu inginkan dan bayar deh. Dijamin terjangkau!

Nah nggak hanya pesan bagasi saja, tapi di aplikasi dan website AirAsia kamu juga bisa melakukan check in online dan memesan makan menu Santan, asuransi, hingga memilih kursi. Karena saya orangnya sangat semangat dengan liburan, maka saya selalu check in online secara awal lho. Keuntungannya selain bikin hati nyaman, tentu aja agar keberuntungan untuk mendapatkan kursi di samping jendela lebih berpeluang besar.

Kalau kamu belum sempat untuk check in online, nggak perlu khawatir apalagi panik karena kamu bisa check in di bagasi maksimal 2 jam sebelum jam keberangkatan ya. Ingat, hal ini harus kamu perhatikan baik-baik ya agar liburanmu tidak berujung gagal.



4. Pilih destinasi gratis yang populer dan instagramble

Bahagia Bersama AirAsia
Salah satu spot instagramable di Arab Street, Singapura
Mulai dari take off, selama di udara, hingga landing, semangat liburanku terus membara. Sepanjang perjalanan, saya sudah membayangkan bagaimana indahnya destinasi wisata yang saya akan kunjungi. Nah untuk tips hematnya, saya lebih banyak memilih destinasi tak berbayar alias gratis namun populer dan tentu saja instagramable agar kece saat difoto.

Untuk menentukan destinasi gratis mana saja yang akan kamu kunjungi, sebaiknya cari tahu informasi lengkapnya di internet. Beruntung saya menemukan artikel dari AirAsia tentang panduan liburan ke Singapura yang lengkap di sini dan menambah referensi daftar destinasi kunjungan saya. Sedangkan untuk destinasi di Kuala Lumpur, Malaysia, saya mencari dari berbagai cerita para traveler.

Sebagai referensi untuk liburanmu di Singapura dan Malaysia, berikut saya cantumkan daftar destinasi gratis yang populer di instagramable yang pernah saya kunjungi selama liburan di sana.
 
Singapura

- Marina Bay Sands

Bahagia Bersama AirAsia
Pemandangan Marina Bay Sands dari sekitar Merlion Park
Mungkin dulu saya hanya bisa kagum dengan keunikan bangunan bentuk kapal yang berada di atas gedung bertingkat hanya dari televisi saja. Tapi berkat AirAsia akhirnya saya bisa melihatnya secara langsung.


- Little India

Bahagia Bersama AirAsia
Bangunan penuh warna di Haji Lane
Jujur saja saya pecinta warna kuning, jadi saya menyempatkan untuk datang ke Little India. Di kawasan ini hampir dipenuhi oleh orang-orang keturunan India yang mana menjadi salah satu terbesar di Singapura. Di sepanjang jalanan, banyak dipenuhi oleh ornamen khas India, tak terkecuali pada bangunannya yang nampak sangat instagramable.


- Haji Lane

Bahagia Bersama AirAsia
Salah satu mural favorit di Haji Lane
Bisa dibilang kalau jalan sempit di kawasan Haji Lane ini begitu menakjubkan. Mata saya dimanjakan oleh banyaknya lukisan mural yang tergambar pada dinding-dinding jalanan. Bahkan karena keindahannya, membuat saya harus rela bergantian dan antri untuk berfoto dengan wisatawan lain.
 




Kuala Lumpur, Malaysia

- Batu Caves

Bahagia Bersama AirAsia
Pemandangan di Batu Caves
Patung tinggi dan tangga berwarna-warni ini menjadi salah satu destinasi favorit saya selama di Kuala Lumpur, Malaysia. Bagaimana tidak, dengan biaya tiket masuk gratis, saya sudah bisa berlibur di tempat kece dan instagramable ini.


- Petronas Twin Tower

Bahagia Bersama AirAsia
Petronas Twin Tower yang menjulang tinggi
Sebagai ikon dari negara Malaysia, pasti nggak lengkap dong kalau saya belum mengambil gambar di sini. Saat saya mengunjungi Petronas Twin Tower atau Menara Petronas ini, saya kagum karena sudah banyak wisatawan asing dari berbagai belahan dunia datang untuk berfoto di sini.


5. Pilih penginapan dengan tipe asrama atau dorm

Bahagia Bersama AirAsia
Salah satu kamar tipe asrama atau dorm di hostel Singapura
Penginapan juga menjadi hal penting saat liburan. Nah saya biasanya memilih penginapan hostel dengan tipe asrama atau dorm untuk menghemat pengeluaran. Nah kabar bahagianya, kini kamu dapat memesan penginapan liburanmu di aplikasi atau website AirAsia juga lho!


6. Gunakan transportasi umum

Bahagia Bersama AirAsia
Suasana MRT di Singapura
Sebagi penutup, tips terakhir agar liburanmu makin hemat adalah dengan memanfaatkan transportasi umum lokal. Di Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia, kamu dapat menggunakan bus, MRT, hingga LRT yang mana tersedia dengan harga hemat.
 
Nah, itulah tips yang saya bisa bagikan untuk kamu yang ingin berlibur ke Singapura dan Malaysia dengan budget terbatas. Saya sangat berterima kasih kepada AirAsia karena akhirnya saya bisa merasakan Bahagia Bersama AirAsia dengan berbagai penawaran menariknya. Karena pengalaman berharga ini, akhirnya saya juga bisa mematahkan bahwa tidak selamanya liburan ke luar negeri itu mahal.

Ayo kini giliranmu Bahagia Bersama AirAsia!


  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Thanks infonya. Oiya, ngomongin hemat, saya juga nemuin artikel keren nih yang ngebahas tentang cara mudah agar bisa hidup hemat. Cek langsung di sini ya: Mindset yang harus kamu miliki kalau mau hidup hemat

    ReplyDelete