Itinerary Liburan 4H3M di Singapura & Malaysia - Part 2: Menjelejahi Destinasi Gratis di Singapura dan Perjalanan Darat Ke Kuala Lumpur, Malaysia

By Wiradhini - July 02, 2019



DAY 2


Yang menyenangkan dari Singapura adalah banyak destinasi wisata gratis!!!

Mulai dari Gardens by the Bay, Merlion Park, Little India, Chinatown, Haji Lane dan lainnya serba gratis. Tentunya bakal menghemat pengeluaran kan?

Oh iya trip kali ini kita nggak mampir ke Universal Studio karena orangtuaku kebetulan nggak terlalu suka wahana bermain HAHA dan aku juga bermental ciut jadi nggak kuat main wahana ekstrim.

Suasana bus di Singapura
Perjalanan hari kedua kami sedikit santai karena nggak terlalu banyak destinasi yang bakal dikunjungi. Setelah sarapan gratis dari hostel (roti tawar + minuman, yang semuanya self service), kami memutuskan untuk ke Merlion Park dengan mencoba menaiki bis. Sengaja pilih naik bis dibandingkan MRT karena kami penasaran.

Kebetulan di depan jalan hostel kami, ada halte bis yang menuju ke Merlion Park. Btw, kami sedikit kebingungan turun dimana jadi kami turun di halte apa gitu namanya lupa HAHA, lalu jalan kaki sekitar 10 menit ke Merlion Park.
 


- Tips -

Kalau kamu udah punya STP (Singapore Tourist Pass), maka naik bis di sini tentu GRATIS. Menurutku, petunjuk bis di sini agak sedikit lebih sedikit rumit (mungkin ini menurut perasaanku aja), jadi lebih baik ke Merlion Park naik MRT saja karena lebih mudah. Oh iya, ke Merlion Park saat pagi hari atau sore hari ya karena biar terlalu tidak panas.
Pemandangan Marina Bay Sands dari sekitar Merlion Park

Sekitar Merlion Park

Puas berfoto-foto di Patung Singa atau Merlion Park (biar afdhal gitu), kami lanjut ke Little India. Dari Merlion Park, cari saja stasiun MRT terdekat lalu ikuti petunjuk ke Little India Station.

Little India yang penuh warna

Sesampaianya di Little India Station, jalan kaki sekitar 5 menit untuk menemukan bangunan warna-warna bernama “Residence of Tan Teng Niah” yang super duper instagrammable.

Asli deh kami ke Little India cuma buat foto-foto terus pulang. Parah sih emang se-niat itu kami HAHA. Tapi kalau kamu pengen kuliner India di sini juga banyak loh!

Pusat belanja di Bugis
Toko oleh-oleh ABC Snack

Akhirnya yang ditunggu-tunggu si ibu datang juga, ya apalagi kalau bukan belanja! Kami memutuskan belanja di area Bugis karena selain murah, dekat sama hostel juga harus luangin waktu karena bis kami ke Kuala Lumpur jam 11 udah berangkat.

- Tips -

Dari Little India ke Bugis naik MRT lagi ya turun di Bugis Station, di sebrang stasiun ada tempat pusat perbelanjaan murah buat oleh-oleh nah kamu tinggal nyebrang aja deh.

Di Bugis ada toko jual oleh-oleh dominan makanan, cokelat, snack, dan peralatan tubuh bernama “ABC SNACK” yang harganya dominanan 1 DOLAR! Ini toko termurah yang aku temuin selama di Singapura sih.
Spot instagrammable di sebelah pusat perbelanjaan Bugis
Mumpung masih di area Bugis, lebih baik tukar STP (Singapore Tourist Pass) dulu ya sebelum meninggalkan Singapura ya!
 


Puas belanja, kami balik ke hostel untuk packing sebelum lanjut ke Kuala Lumpur, Malaysia. Kebetulan selesai beres packing, kami masih punya beberapa jam untuk jalan-jalan lagi, jadi kami memutuskan untuk jalan kaki dari hostel (area Bugis) sekitar 10 menit ke Haji Lane, Masjid Sultan, dan Kampung Glam yang terkenal sebagai kawasan timur tengah.

Bapak dan ibu foto di depan Masjid Sultan
Masjid Sultan di Kampung Glam ini interiornya sangat indah dan banyak wisatawan muslim dari beberapa negara ke masjid ini buat shalat. Seriusan deh suasana masjid ini dan sekitarnya itu bikin adem dan rasa capek mendadak hilang.

Masih dari area Kampung Glam, kami memtuskan untuk makan di salah satu restoran yang sangat dikenal karena harganya yang terjangkau bernama Kampung Glam Cafe. Ya kita tau sendiri kan kalau biaya di Singapura itu mahal banget, jadi restoran ini bisa jadi salah satu tempat makan terbaik dengan harga dan lokasi yang masih sangat terjangkau.

Warna-warni di Haji Lane

Jika kamu telusuri Kampung Glam lebih dalam, maka kamu akan menukan jalan panjang bernama Haji Lane yang penuh dengan butik, kafe, dan spot foto yang instagrammable. Pasti kamu nggak asing kan dengan foto di tempat itu? Tempat sejuta umat liburan di Singapura.

Suasana Singapura Saat Siang Hari

Nggak kerasa udah jam 7 aja. Kami langsung balik ke hostel untuk ambil barang dan lanjut berjalan kaki sekitar 15 menit ke terminal Golden Mile Complex untuk menunggu bis yang akan berangkat jam 23.00 ke Kuala Lumpur, Malaysia.

- Sekilas Tentang Bis dari Singapura ke Kuala Lumpur, Malaysia -

A: Lebih baik naik bis tanpa transit apa transit?
B: Lebih baik naik bis tanpa transit walaupun sedikit lebih mahal tapi waktunya lebih leluasa.

A: Berapa selisih harga bis tanpa transit dengan transit?
B: Selisihnya 20-50 ribu, tapi nggak capek dan bisa banget buat istirahat.

A: Berapa harga bis tanpa transit?
B: Harganya kami dapet 125 ribu (udah termasuk harga dari diskon)

A: Bookingnya dimana?
B: Booking di easybook.com dan jangan lupa liat kode promo yang lagi berlaku.


A: Dari Singapura lebih baik pilih keberangkatan mana?
B: Golden Mile Complex karena deket sama Bugis dan sangat terjangkau.

A: Sesampainya di Malaysia, lebih baik turun bis turun di Terminal Bersepadu Selatan atau Berjaya Times Square?
B: Lebih baik di Berjaya Times Square karena itu benar-benar di pusat kota di daerah Bukit Bintang dan dekat kemana-mana. Kalau dari Terminal Bersepadu Selatan masih ada 1 jam lagi ke kota, jauh kan?

A: Berapa lama perjalanan dari Singapura ke Kuala Lumpur, Malaysia?
B: Kurang lebih 5 jam lamanya.

A: Untuk masalah jam operasi?
B: Kalau bis transit setauku cuma sampai jam 5 sorean, kalau bis tanpa transit sampai jam 12 malem. Tentu aja dengan naik bis tanpa transit kamu bakal lebih mengeskplor Singapura lebih puas, dan malamnya kamu bisa istirahat di bis selama 5 jam lama perjalanan ke Kuala Lumpur, Malasia. Dan pastinya bakal menghemat pengeluaran untuk biaya hotel kan?

A: Kalau naik bis tanpa transit, bakal bener-bener nggak berhenti?
B: Tentu aja berhenti 2 kali di imigrasi Singapura dan Malaysia dong, sambil nurunin semua barang bawaanmu ya.

A: Bis tanpa transit nyaman nggak?
B: Nyaman banget karena kursinya 1 - 2, jadi luas banget dan kursinya super duper nyaman.


 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar