Tips Untuk Kamu Yang Suka Belanja Second Stuff

By Wiradhini - February 22, 2017



Ngaku doyan belanja second stuff?

Pada umumnya belanja second stuff membutuhkan waktu yang lama daripada belanja barang new stuff. Hal ini dikarenakan kita perlu mengecek satu persatu apakah barang tersebut masih dalam good condition atau tidak.

Yuk intip tips belanja second stuff yang nyaman (belanja offline):

1. Pakaian Yang Santai

Pakaian yang santai dan tidak mencolok atau sederhana akan membantu mempermudah kamu dalam proses tawar menawar. Semakin mewah pakaian kamu, biasanya pedagang akan memberikan harga tinggi dan sulit untuk ditawar.


2. Pakai Kaos Yang Nyaman

Pastikan kaos yang kamu gunakan merupakan bahan yang adem. Hal ini akan membuat nyaman dalam bergerak.
 



3. Pakai Masker

Masker sangat penting untuk digunakan dalam belanja second stuff. Hal ini dikarenakan tempat-tempat jual second stuff memiliki bau khas yang cukup tidak enak.


4. Hindari Alas Kaki Yang Kurang Nyaman, Lebih Baik Gunakan Sandal

Untuk alas kaki, hindari menggunakan alas berhak tinggi. Pada umumnya kamu akan mengelilingi dari ujung ke ujung untuk melihat barang terlebih dahulu sehingga kaki kamu nantinya akan terasa pegal. Bisa menggunakan sepatu tapi alangkah lebih nyamannya menggunakan sandal


5. Bawa Uang Pecahan

Saat belanja hindari bawa uang yang berlebihan. Sebaiknya bawa uang dengan nominal pecahan mulai dari Rp 1.000,00 sampai Rp 20.000,00. Walaupun membawa uang dengan pecahan Rp 50.000,00 dan Rp 100.000,00 sah-sah saja tetapi nanti akan sedikit menyulitkanmu dalam berbelanja.


6. Bawa Tas Kecil

Hindari bawa tas yang terlalu besar dengan penuh barang. Belanja second stuff akan lebih banyak menguras tenaga. Oleh karena itu lebih baik membawa tas kecil saja untuk mengurangi beban yang akan kamu bawa. Saat berbelanja kamu harus selalu mengawasi barang bawaanmu tanpa cela ya!
 



7. Isi Dompetmu Dengan Uang Tanpa Surat Berharga

Tempat-tempat jualan barang second stuff juga perlu berhati-hati untuk menghindari para pencopet. Oleh karena itu lebih baik membawa uang saja atau membawa dompet tapi cukup diisi dengan uang saja.


8. Belanja Saat Weekday

Weekday merupakan waktu yang paling pas untuk belanja. Pada umumnya saat weekend harga barang second stuff akan dihargain lebih mahal daripada saat weekday. Hal ini dikarenakan saat weekend, pembeli lebih didominasi dari luar kota dan ini menjadi waktu yang dimanfaatkan untuk pedagang.


9.  Datang pagi hari

Jangan datang terlalu sore atau mendekati waktu tutup. Jika kamu datang sejak pagi maka biasanya kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dan lebih mudah tawar menawar apalagi jika kamu merupakan pembeli pertama dagangan mereka. Selain itu jika kamu datang lebih awal, maka kamu akan lebih leluasa untuk berkeliling dan memilih barang-barang yang bagus.


10. Bawalah minum

Belanja second stuff akan cukup banyak menguras tenaga. Bawalah minum untuk persediaan ketika kamu mulai haus dan capek. Gak pengin kan, saat asik-asiknya belanja tiba-tiba kamu haus dan malah sibuk mencari penjual minuman.

Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!


Image credit: Unsplash - Becca Mc Haffie (@beccamchaffie)


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar