Kabur Sejenak ke Pulau Harapan

By Wiradhini - February 16, 2019

Aktivitas sedang jenuh-jenuhnya, tidak ada salahnya untuk menghilangkan diri dengan pergi liburan. Nggak perlu tempat jauh dan waktu yang lama, Pulau Harapan bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Pulau yang masih berada di dalam Kepulauan Seribu ini menyimpan banyak pulau-pulau kecil tersembunyi yang harus banget untuk dikunjungi. Banyak penyedia jasa tour murah mulai dari Rp 300.000 dengan waktu 2H1M atau 3H2M. Tinggal pilih saja!

Kebetulan aku dan ke-3 temanku menggunakan salah satu tour dengan harga Rp 350.000,00 untuk waktu 2 hari 1 malam. Btw, ini pengalaman kita menggunakan tour loh, jadi rasanya campur aduk penasaran. Haha lebay emang~

Weekend itu memang kami sengaja habiskan untuk pergi ke pantai karena pekerjaan lagi banyak banget deadline, dan rasanya kita sangat butuh pemandangan segar biar kerja makin semangat lagi!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

DAY 1

Kumpul di Pelabuhan Angke

Berangkat setelah shalat subuh dari kosan, kami langsung menuju pelabuhan yang mana menjadi tempat meeting point kami. Waktu untuk kumpul udah ditentuin dari tour yaitu jam 06.00 pagi harus udah di tempat. Hal ini untuk mengantisipasi antrian panjang kapal ya.

Tepat jam 07.00 kami berangkat menuju Pulau Harapan. Sekitar 3 jam perjalanan, rasanya seperti mabok laut yang tak berkesudahan, apalagi saat itu ombak sedang kencang-kencangnya. Hanya bisa berdoa dan tidur agar tidak pusing.

Selamat datang di Pulau Harapan

Sesampainya di pelabuhan Pulau Harapan, kami sangat bahagia melihat langit biru cerah dan jejeran pedagang kaki lima yang udah siap dengan kuliner dagangannya. Hmmm salah fokus, memang paling mudah tergoda sama makanan.

Udah puas jajan, saatnya menuju penginapan bersama rombongan teman-teman lainnya. Oh iya kami satu group tour ini totalnya ada 11 peserta dan 2 tour guide. Kami semua ber-11 menginap di 1 penginapan yang berupa rumah warga kosong yang sudah di sewa sebelumnya dengan isi 3 kamar, 1 ruang tamu bersama, dan teras untuk menjemur pakaian. Setiap kamar di sini udah ada kamar mandi dalam, kasur, bantal guling, dan AC, jadi nggak perlu takut lagi kepanasan.

Kita punya waktu sekitar 2 jam untuk bersiap-siap, shalat, dan makan siang bersama. Untuk makannya cukup worth it, ada nasi, sayur, seafood, ayam, dan buah. Tapi ingat harus berbagai dengan lainnya ya!

Melihat keindahan bawah laut dengan snorkling

Waktu udah menuju pukul 1 siang, saatnya berangkat snorkling. Pastikan sudah pakai pakaian nyaman untuk snorkling ya. Btw, ini juga pertama kalinya aku snorkling. Deg-degan dan takut karena aku nggak bisa renang sama sekali. Tapi tenang, semua aman terkendali.

Sekitar1 jam kita snorkling, rasanya itu puas banget lihat terumbu karang, ikan, dan foto-foto dalam air yang semuanya di fotoin sama tour guide! Jangan lupa selalu jaga diri dan tidak menginjak terumbu karang ya karena bikin kaki lecet dan pastinya bikin rusak.

Bersantai di Pulau Dolphin

Oke, kita lanjut ke pulau selanjutnya yaitu Pulau Dolphin. Di pulau ini, kami menghabiskan waktu lebih banyak. Sambil bersantai, tour guide siap memberi fasilitas seru lainnya yaitu foto-foto bareng ban besar berbentuk uniqorn yang saat itu lagi hitz banget!

Pulau Dolphin ini tidak terlalu luas tapi cukup lengkap. Ada stand makanan, ayunan kayu, dan wahana permainan air. Untuk menikmatinya, cukup duduk di pinggir pantai, lalu rasakan ombak yang datang dan angin yang sepoi. Sungguh nikmatnya duniawi HAHA.

Menanti senja di Pulau Perak

Langit semakin berwarna oranye dan kami menghabiskan senja di pulau berikutnya yaitu Pulau Perak. Pohon-pohon yang lebih tinggi dari pulau sebelumnya ini bikin ayunan di sini semakin seru loh sensasinya. Di sini juga kami berfoto ala-ala menangkap matahari yang ternyata lumayan seru juga. Momen kaya gini pastinya nggak boleh disia-siain buat minta difotoin bareng temen-temen dong.

Melihat matahari tenggelam dari atas kapal

Sebelum matahari benar-benar tenggelam, kami harus kembali ke kapal. Selama di perjalanan menuju penginapan, kami lagi-lagi dibuat kagum! Bagaimana tidak, saat terombang-ambing di tengah lautan, kami menyaksikan langsung matahari tenggelam. Langit yang tadinya berwarna oranye berubah menjadi gelap, dan menandakan kami tiba di area penginapan.

Menyantap sajian hidangan makan malam berupa berbeque ikan segar

Ekspektasinya, kami akan melakukan berbeque masak ikan bakar, tapi ternyata tidak. Kenyataanya adalah kami hanya duduk di salah satu tempat makan yang ramai dipenuhi oleh rombongan lain dan menyantap ikan bakar yang sudah matang untuk disantap bersama-sama. Walau begitu, tetap nikmat kok.

Waktu semakin malam, saatnya kembali ke penginapan untuk beristirahat Jangan begadang karena besok masih ada perjalanan panjang yang harus kita lalui.

DAY 2

Karena kami semua bangun kesiangan, jadi tidak ada waktu lagi untuk sarapan di penginapan. Alhasil kami harus membawa kotak sarapan untuk dimakan di kapal karena kita juga harus mengejar waktu. Perjalanan hari ini terasa semakin berat karena ombak semakin besar, bahkan ada salah satu penumpang hingga muntah. Kasian :(

Kunjungan terkahir ke Pulau Sepa

Inilah pulau terakhir yang kami kunjungi pada hari itu, yaitu Pulau Sepa. Pemandangan pulau ini sangat indah! Airnya juga sangat jernih yang mana terlihat sangat hijau. Sekitar 1 jam, kami menghabiskan waktu di sini untuk berfoto-foto karena banyak spot foto yang cukup instagrammable di pulau ini.

Selamat tinggal Pulau Harapan

Setelah puas menikmati rangkaian perjalanan yang menyenangkan ini, akhirnya kami harus kembali ke ibu kota. Sedih iya, tapi lebih banyak senangnya karena kami merasakan kalau liburan kali ini benar-benar sangat worth it walau dengan waktu yang singkat. Tapi bagaimanapun, ini akan menjadi perjalanan yang selalu dikenang dan berkesan apalagi dihabiskan dengan teman-teman yang semua menyenangkan.