Review Pengalaman Dapat Tiket Pesawat PP Indonesia - Thailand + Hotel 3 Malam, Hanya 1,57 Juta!

By Wiradhini - August 04, 2018


"Ah masa sih murah banget nggak percaya!"

"Pasti promo kursi gratis dari Air Asia."

"Pasti beli tiket pesawat di akun-akun travelling yang ada di Instagram."

Tenang, ketiga dugaan itu nggak ada yang bener sama sekali kok!

Jadi jawaban besar kenapa aku bisa dapet tiket pesawat Indonesia - Thailand (PP) + hotel 3 malam seharga 1,56 jutaan atau 1,57 (digenapin) adalah karena Air Asia Go. Btw, Air Asia Go ini merupakan grup milik Air Asia yang mana perbedaannya jika Air Asia menyediakan tiket pesawat saja, sedangkan Air Asia Go ini menyediakan paket hemat berupa tiket pesawat Air Asia dan hotel sekaligus. 


Nah sebelum membuka website Air Asia Go, alangkah lebih baik kamu mengikuti tips yang sudah pernah saya lakukan. Disini saya nggak menjamin 100% kamu akan mendapatkan harga penerbangan + hotel yang setara dengan saya yaitu seharga 1,57 juta karena harga di Air Asia Go sendiri bisa mengalami naik turun, jadi harus rajin-rajin membuka aja. Tips-tips berikut ini sebelumnya sudah pernah saya lakukan sendiri dan teman saya sendiri mencoba mengikuti tips saya yang hasilnya dia mendapatkan tiket penerbangan (PP) + apartemen untuk 1 minggu seharga 1,8 juta aja.

 
Berikut tips-tips agar kamu bisa mendapatkan harga murah:

1. Beli tiket untuk keberangkatan di atas 3 bulan

 
Jadi menurut pengalamanku yang suka banget iseng-iseng buka website Air Asia Go pas kerjaan lagi banyak-banyaknya (seriusan buka ginian bikin pusing ilang loh), kalau semakin lama jangka waktu kita akan pergi maka semakin murah. Eits tapi nggak selamanya murah loh! Harus sering-sering liat kalender, kalau misal long weekend, lebaran, atau tahun baru ya pasti mahal.
 
Lantas yang harus kamu lakukan adalah pilih weekend dengan libur normal atau bisa pilih liburan pas weekday biar liburan makin murah (tapi nggak direkomendasikan karena kalau ke Thailand kamu nggak bisa ke Chatuchak - pasar murah yang cuma ada di hari Sabtu dan Minggu).

Oke fokus lagi ya hehe. Misalnya sekarang bulan Agustus  maka kamu bisa memilih untuk berlibur di atas bulan September. Kalau ada yang mikir “buset lama banget dong!”, tenang waktu itu aku harus menunggu waktu 4 bulan dan seriusan nggak kerasa lama. Selama waktu nunggu itu kamu bisa ikin paspor (pesan tiket di Air Asia Go nggak perlu punya paspor dulu) dan nabung buat bekal selama kamu travelling. 



2. Pilih hotel yang model bunk bed (model asrama)

 
Kalo masalah hotel tergantung selera kamu aja ya. Kalo aku pribadi sih pilih hotel termurah aja tapi yang free breakfast dan ratingnya bagus. Balik lagi ke tujuan awal, pergi travelling itu kan bakal  memakan waktu seharian di tempat-tempat yang akan kamu kunjungi kan, bukan untuk berdiam diri di hotel, jadi lebih baik pilih hotel yang sesuai budget kamu ya.
 
Kebetulan selama di Thailand, aku sama teman-teman itu udah bikin perjanjian memilih penginapan yang murah aja tapi rating bagus karena kamu akan menghabiskan waktu di hotel cuma untuk tidur malem doang. Waktu itu aku pilih hotel namanya The Street Hostel di kawasan yang sangat strategis yaitu Khaosan Road (dekat dengan Wat Arun, Grand Palace, Wat Pho dan bisa jalan kaki). Btw, daerah ini juga jadi kawasan penginapan yang cukup ramai sama wisatawan karena aksesnya gampang, nuansanya kaya kawasan Kuta Bali kalau malam hari,  dan pastinya banyak street food  yang lengkap (ada pad thai, mango rice, dan aneka serangga yang harganya bisa setengah lebih murah dibanding di tempat wisata).

Oke balik lagi ke hotel ya. Walaupun modelnya bunk bed atau seperti asrama (sekamar 16 kasur atas bawah) The Street Hostel ini fasilitasnya cukup lengkap karena free breakfast, wifi-nya super kenceng, ada loker pribadi, bantal, guling, selimut, handuk, shampoo, sabun, komputer, ruang santai bersama, dan kamar mandi bersaman yang bersih. Oh iya seberang hotel ini itu ada sevel yang buka 24 jam buka loh dan ada Mc Donald 24 jam juga yang bisa kamu temui di sekitar hotel. 



3. Tidak ikut trip


Kenapa aku nggak ikut trip? Banyak banget sih alasannya cuma alasan besarnya karena mau lebih hemat, belum menemukan trip murah, emang lebih suka bebas aja (biar bisa naik MRT, bis umum, dan transportasi umum lainnya), Thailand itu ramah wisatawan dan aksesnya masih gampang (setiap halte ada keterangan bus dengan tujuan kemana aja dan banyak polisi siap membantu).

Yang mau kesana dan berniat backpacker-an kaya aku, kuncinya itu kamu harus berani tanya, siap capek karena jalan kaki, dan percaya diri (jangan tanggung-tanggung).
 
 

Oke langsung ke tutorial (cielah berasa pakai make up kali ah) cara membeli tiket pesawat dan hotel di  Air Asia Go ya. 

1. Buka website Air Asia Go (www.airasiago.co.id)

2. Pilih flight + hotel.

3. Pilih penerbangan dari Jakarta ke Bangkok - Don Mueang dan pilih tanggal serta jumlah penumpang (untuk kamar pilih 1 saja kalau mau pakai hotel bunk bed atau model asrama).

4. Gunakan filter PRICE (biar dapat harga paling murah).

5. Misalnya ingin menginap di daerah Khao San Road maka pakai filter area.

6. Pilih hotel yang termurah dan dirasa cocok.

7. Lihat interior bangunan serta fasilitas apa saja yang didapatkan seperti free wifi dan breakfast.
 
 

8. Pilih tipe kamar. Misalnya pilih Basic Shared Dormitory, Mixed Room (kamar campur antara perempuan dan laki-laki, tapi nggak perlu khawatir karena untuk ganti baju bisa di kamar mandi dan dijamin aman).

9. Pilih jam penerbangan berangkat dengan filter PRICE LOWEST (cari yang + Rp 0). Lebih baik pilih penerbangan pagi agar waktu travelling lebih lama.

10. Setelah memilih penerbangan untuk berangkat, kamu akan memilih penerbangan untuk pulang. Pilih penerbangan paling malam agar di hari terakhir kamu liburan bisa lebih santai dan banyak waktu untuk packing.

11. Setelah hotel dan penerbangan sudah dipilih semua, maka akan muncul tampilan rincian dan klik tombol Go Final Step.

12. Setelah klik tombol Go Final Step, lengkapi semua data penumpang. Cek ulang semua data yang salah agar tidak terjadi kesalahan (pengalaman kemarin saya salah masukkan email dan ngurusnya sedikit ribet) dan klik complete booking, maka saatnya pembayaran menggunakan kartu kredit. 


Yap itu tutorial yang sedikit bisa aku jelasin. Kuncinya rajin-rajin untuk membuka website Air Asia Go karena harganya bisa naik turun sewaktu-waktu. Kalau lagi beruntung dan sabar, maka kamu akan dapet harga yang sangat murah kok.

Untuk yang masih penasaran sama itinerary (rincian tempat wisata yang dikunjungi, biaya serta akses) aku selama di Thailand, segera mungkin akan ku share ya. Terima kasih sudah membaca dan selamat pergi berlibur teman-teman!!!

Baca juga: Cara Mudah Dapat Tiket Kursi Gratis Air Asia

 

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. haloo ka, pengen nanya, kalo pembayarannya pake debit bisa ga yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai untuk pembayarannya saat ini bisa pakai Credit Card saja, coba bisa dicek langsung ya kak :)

      Delete